Keberhasilan dan Kegagalan: Dua sisi koin yang sama

Kegagalan itu menyenangkan !

Mungkin anda bertanya pada diri anda, apa bagusnya sebuah kegagalan?. Kegagalan berarti, anda tidak berhasil, tidak mencapai hasil yang diinginkan dan tidak sesuai dengan harapan. Apa bagusnya hal yang demikian?

Keuntungannya adalah anda menjadi tahu untuk tidak melakukan sesuatu. Dan ini sama berartinya seperti mengetahui bagaimana melakukan sesuatu.

Seperti yang dikatakan Thomas Edison, - Hanya karena sesuatu tidak seperti yang direncanakan, tidak berarti sia-sia…Hasilnya? Banyak hal yang saya dapatkan! Jika saya menemukan 10,000 kegagalan, saya tidak gagal. Saya tidak putus asa, karena setiap kesalahan yang terjadi adalah selangkah kedepan.... -

Kegagalan adalah peluang pembelajaran, hanya jika anda menganggapnya demikian. Yang lebih sering terjadi adalah kesalahan dilihat sebagai hal yang seharusnya disembunyikan atau dihindari dan tidak pernah diakui. Seberapa sering orang-orang diperusahaan anda melakukan kesalahan yang sama berulang kali karena tidak seorang pun yang mengakuinya atau mencari tahu mengapa terjadi kesalahan.

Bukankah biaya dan waktu akan menjadi kian efektif jika terjadi kesalahan dan hasilnya merupakan peluang pembelajaran? Setiap hal yang tidak berjalan sesuai rencana, pikirkan apa yang dapat anda lakukan kedepannya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan? Apa yang kurang? Apa yang perlu ditambahkan? Apa yang perlu dirubah?

Ketika jawaban pertanyaan ini digali dengan pikiran terbuka dan tanpa asumsi, maka lakukan pembelajaran ini dan terapkan di masa depan. Setiap organisasi harus mau belajar dan melakukan perbaikan. Hanya karena metode tertentu berhasil tidak berarti merupakan yang terbaik. Berpacu untuk mencapai peningkatan.
Bersiap untuk gagal dan belajar; adalah satu-satunya jalan melangkah kedepan.

Merayakan kesuksesan
Kebalikan dari sisi koin yang sama adalah kesuksesan. Sama halnya menganalisa kagagalan dan mempelajarinya, maka penting juga anda merayakan keberhasilan dan mengulang keberhasilan.
Setiap tahun kita berusaha keras untuk menjadi semakin baik dan berhasil atas apa yang kita kerjakan. Namun, yang sering terjadi, kita hanya mengingat prestasi terbesar kita hingga banyak orang memberi ucapan selamat.
Sebagian dari kita harus bersyukur dengan keberhasilan kecil yang dicapai. Keberhasilan seperti men-generate profit dalam bisnis kita, mendapatkan klien yang telah lama kita incar atau sekedar ucapan terima kasih dari salah satu klien yang puas dengan pekerjaan kita.

Meskipun ini hanyalah kesuksesan kecil, keberhasilan seperti ini yang memberikan kontribusi dalam bisnis, memotivasi staf dan membuat anda bahagia. Sekarang bagaimana jika anda dapat mengulang masing-masing kesuksesan kecil yang anda raih setiap bulan atau minggu – bukankah merupakan kesuksesan besar bisnis anda?

Untuk mencapai kesuksesan besar tersebut anda perlu merayakan kesuksesan kecil yang diraih. Anda perlu mengingatnya, menelaahnya dan menemukan cara untuk mengulanginya kembali. Duduk dan berpikir, dalam setahun terakhir, apa yang telah anda lakukan dengan baik. Pikirkan apa yang telah anda lakukan dengan baik, alasan orang berterima kasih kepada anda, dan dimana anda dihargai.

Buatlah daftar kesuksesan, betapapun kecilnya itu, telaah mereka untuk menemukan jalan agar dapat terulang kembali . Apakah esensi keberhasilan yang dapat diulang? Pecahkan kesuksesan kedalam langkah proses kecil, pikirkan segala sesuatunya untuk mencapai keberhasilan. Bukan hanya langkah yang besar, pikirkan setiap langkah kecil yang diambil.

Yang sering terjadi, bukan langkah besar yang menentukan kesuksesan, justru hal-hal yang kecil. Mungkin anda menulis ucapan terima kasih pada klien, atau menelpon menanyakan kabar mereka. Mungkin anda merekomendasikan klien ke orang lain untuk memecahkan masalah yang tidak dapat anda pecahkan. Anda dapat memberi reward pada staf atau melakukan hal lain untuk mereka sehingga mereka menunjukkan kinerja yang meningkat.

Pikirkan kesuksesan secara detil.
Anda harus mampu melihat dimana anda melakukan hal yang berbeda untuk mencapai keberhasilan. Langkah selanjutnya adalah meletakkan rencana secara bersamaan dengan bagaimana anda akan mengulangi kesuksesan sebelumnya. Rencana anda harus mencakup langkah-langkah penting yang menghasilkan kesuksesan.

Dengan memahami dan merencanakan keberhasilan, anda dapat mengulanginya dan mencapai kesuksesan besar dalam bisnis anda. Rencanakan keberhasilan, belajar dari kegagalan.

Category:

0 komentar:

Poskan Komentar